Skip to main content

Takokak Vs Leunca

Ceritanya aku lagi kangen sama masakan Sunda. Biasanya aku suka banget masak leunca. Resep masak leunca (ala aku) pernah kutulis di sini => masakan yang bisa ngabisin nasi semejikom.

Saat aku di suatu kota di Jawa Timur, aku belanja ke warung sayur pengin beli leunca. Ternyata nggak ada dong. Parahnya, mbak warungnya nggak tau apa itu leunca. Dengan bahasa tarzan aku menjelaskan ke mbaknya. Terus pesen mbaknya besok dibeliin di pasar. Esoknya aku diWA mbaknya kalau leunca pesenanku dah ready. Btw mbaknya nggak berani stock leunca banyak-banyak, takut nggak laku katanya. Hemh. Sebuah pemikiran yang sempit. 😁😁🙏

Dengan sumringah aku melangkah ke warung dan ambil pesenan. Waktu kulihat pesenanku, kok aneh ya. Oke deh aku bayar. Yamasak nggak jadi ku beli. Sampe rumah langsung ku masak dooong. Pas aku menyianginya, ku pegang-pegang kok tambah aneh ya?


Apakah leunca Jawa Timur begini adanya? Setelah masakanannya mateng,, udah ngiler-ngiler, sikaaaattt.. 
Aw.🤢
Lidahku langsung shock.
Bwlaaaaahhhh pait, nggak enaaaak. Jauuh dari ekspektasi. Loooh kok gini?

Langsung googling dan ternyata itu BUKAN LEUNCA. Itu adalah sodara tirinya. Yaitu TAKOKAK/ POKAK/ TERUNG PIPIT. Dari hasil googling itu, ada banyak manfaat takokak/ pokak. Wah, nggak rugi-rugi amat udah salah beli. Malah jadi tambah wawasan. Yey!

TAKOKAK VS LEUNCA
Takokak/ pokak/ terung pipit, teksturnya kasar. Buahnya keras. Dan rasanya paittt. 

Leunca teksturnya halus. Lebih lembut. Rasanya ada paitnya tapi cuma sayup-sayup, dan ada rasa manisnya tipis-tipis. 💃

Setelah berkali-kali praktik masak pokak, akhirnya aku berhasil menemukan cara agar rasanya nggak terlalu mengagetkan lidah.
 

Aku memasaknya dengan cara menumis seperti biasa, tapi diberi air agar lebih empuk pokaknya. Airnya ya dikit aja. Masak dengan penuh perasaan. Diberi bumbu-bumbu cinta.

Harusnya pake teri asin ya, tapi di sini susah, adanya teri tawar


Itu tadi ditumis ya. Lalu pada percobaan selanjutnya, aku bikin sambel. Tapi nggak ikut diuleg. Yaaa gini deh pokoknya:


Yang diuleg cuma cabe, tomat, bawang merah putih aja. Pokaknya disingkirin dulu ke wadah lain. Nanti dijadiin satu, emmm persis bikin sambel pete gitu. Goreng pokaknya agak dilamain, biar mengempuk. Kalau leunca, dimasak bentar aja udah enak, kyenyes krenyes dikunyah. Kalau pokak, digoreng setengah mateng yaa pait dan kulitnya masih keras.

Nyummy dummy mummy 😋

Makan yuk!

Comments

  1. ternyata takokak suka dimasak ya? di kebun saya banyak, tumbuh sendiri lagi, belum pernah di ambil buahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Tapi rasanya lebih sangar dibanding sodaranya si leunca 😁 cobain masak gih! Hihihi 😋

      Delete

Post a Comment

Name:
Email:
Message:

Popular posts from this blog

ALOHAAA..

Hai.. Ini adalah blog pertamaku. Sebenernya kedua sih, cuman yang pertama aku jadiin blog buat bisnis. Yang ini mah buat melampiaskan pikiran liar yang tak tersampaikan di kehidupan nyata aja. Hihihi. Selain itu, blog ini buat berbagi apapun yang bersifat informatif, inspiratif, dengan bahasa yang komunikatif. Dan yang lebih penting lagi, sebagai rekam jejak bahwa aku itu ada di bumi ini. Dan juga sebagai alat dokumentasi kehidupanku. Aheemmm. Hihihi. Aku menyukai dunia tulis menulis sejak SD. Dulu suka menulis diary (karena ikut-ikutan tanteku). Teruuus suka menulis rangkuman pelajaran di bimbel terus difotocopy dibagi-bagiin ma temen-temen yang nggak ikut bimbel. (Waini kok malaekat sekali) (baru nyadar) hahahaha. And then .. Dulu suka nulis apaaapuuun misal bahas taneman, terus aku fotocopy terus kubagiin ke temen.  Waktu SMP suka nulis novel. Temen-temen segank juga pada nulis novel tuz tuker-tukeran gituu.. Duh.. jadi... ahhh.. sudahlah.. Tuz pas jadi mahasiswi nulis

Cara Edit Kesalahan Input Data di Aplikasi Pengelola Keuangan 1Money

Wuuw judulnya panjang. Kemarin aku sudah mendongeng tentang 1Money si aplikasi pengelola keuangan keluarga, pribadi, kantor, whatever , di sini dan di sono (silakan klik). Sekaraaang aku mau ngobrolin gimana solusinya kalau ada yang salah tulis/ salah input data dan mau merevisinya. Berikut caranya: Sebelumnya siapin secangkir kopi nikmat dulu..  ☕ Contoh kasus: Pada suatu waktu aku inget kemarin tanggal 21 Juli 2022 ada kesalahan saat input nominal uang di salah satu kategori "restaurant" maka aku buka dulu aplikasi  1Money pada tanggal 21 Juli 2022 . Diseruput dulu kopinya gaes. 😋 Perhatikan gambar di atas! Setelah buka aplikasinya, geser ke tanggal yg ada salahnya tadi, lalu klik pada yang aku lingkari itu. Setelah diklik, lalu pilih kategori mana yang salah, di kasusku itu pada kategori "restaurant" dan akan terlihat penampakan seperti di bawah ini: Kalau misalkan salah tanggal yang seharusnya di tanggal 20 Juli, tinggal dihapus aja, klik pada gambar tempat

Cara Menggunakan dan Reapply Sunscreen

Dalam rangkaian skincare , ada yang namanya tabir surya atau kita sering kali memanggilnya sunscreen . Wes pokoke, fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari. Terus apa bedanya dengan payung? Topi? Nah, bedanya sunscreen ini dibubuhkan langsung nempel ke kulit,untuk menangkal kulit dari UVA (menyebabkan timbulnya tanda penuaan dini seperti keriput dan flek hitam) dan UVB (menyebabkan kulit terbakar yang bikin gosong). Maka dari itu s unscreen  merupakan  salah  satu  skincare  garda terdepanku setelah  hydrating   toner .  Ya karena sepenting itu gaes..  Biar awet muda. Xixixi Sunscreen ada tiga jenis, yaitu: Physical sunscreen yang akrab disebut sunblock. Chemical   suncsreen .  Hybrid sunscreen. Ada beberapa perbedaan antara ketiganya , namun s ingkatnya  physical sunscreen atau  sunblock cara kerjany a    mem- block sinar UV dengan cara memantulkannya. Etapi badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) sudah melarang penggunaan istilah sunblock . Karena kata sun BLOCK