Skip to main content

Masak Apa Hari Ini?

Kadang bingung ya mau masak apa. Kali ini aku akan membagikan beberapa resep masakan sederhana dengan bahan masakan yang mudah didapat.

Ini diaaa.. Cekidooot...

1.  Ayam Madu Mentega


 
Bahan: 
  • Ayam
  • Madu
  • Mentega
  • Jeruk limau
  • Bawang putih
  • Merica
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Kecap manis
  • Saus Tiram
  • Saus teriyaki
  • Minyak wijen
Cara masak:

Ayam dicuci bersih potong-potong sesuai selera, dikucuri air jeruk limau. Diamkan beberapa menit.
Masukkan mentega dalam wajan panas, setelah meleleh, masukkan bawang putih halus dan merica bubuk, setelah harum, masukkan ayam.
Setelah ayam diaduk, masukkan air dikit, dan masukkan garam, kaldu bubuk, kecap manis, saus tiram, saus teriyaki, aduk aduk.
Masukkan minyak wijen, aduk-aduk dan tutup wajan.

Boleh ditinggal tik tokan, atau nonton-nonton yutub, dll. πŸ’ƒπŸŽΆπŸŽΆ

Buka tutupnya, masukkan madu beberapa sendok. Aduk, Koreksi rasa.
Tinggal santaaap.


2. Sop Bakso


Itu ada ikan melotot sebagai hiasan 

Bahan:     
  • Wortel
  • Kembang kol
  • Kentang
  • Daun bawang
  • Daun seledri
  • Daun salam
  • Bawang putih geprek
  • Merica
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Minyak goreng
Cara masak:

Tuang minyak goreng sidikiiit banget, masukkan bawang putih geprek, daun bawang dan daun seledri yang sudah diiris, daun salam, merica. Diosreng osreng sampe wangi, masukkan wortel, kembang kol, kentang, dan bakso. Dibolak balik dan ditutup.
Setelah 2 menit, buka tutupnya kemudian aduk-aduk, tambahkan air,
[metode sayur diosreng seperti ini adalah rahasia sop lebih gurih]
Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
Ennaaak.. Mari makan.


3. Tahu Goreng

Bahan: Tahu





Cara masak: digoreng


4. Orak Arik Tempe


Ini diaa menu primadona saat nggak napsu makan. Bahannya gampang aja dan cara masaknya sesuai namanya, diobrak abrik. Sadaaaap.

Bahan:
  • Tempe (bisa diganti ikan sarden, daging dinosaurus, apapun)
  • Telur
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Cabe rawit
  • Daun bawang
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Saus tiram
  • Minyak goreng
  • Minyak wijen (optional gaaees,, ini aku pake karena masih punya)
Cara masak:

Cipratin minyak ke wajan. Masukkan tempe, goreng hingga sepertiga mateng.
Masukkan bawang putih, bawang merah, cabe, aduk hingga harum.
Ceplokin telur, diorak arik. 
Masukin garam, kaldu bubuk dan saus tiram, kemuadian orak arik lagiii.
Guyur dengan irisan daun bawang, cipratin minyak wijen dikit biar wangi, orak arik, koreksi rasa.
Siap disantap dengan nasi panas.
Jangan lupa doa dulu.
Ati-ati gagal diet. heheheh


5. Tumis Leunca



Masakan ini juga jadi andalan saat nggak napsu makan. Pokoknya dijamin ngabisin nasi semejikkom. 

Bahan:
  • Leunca
  • Oncom (karena aku nggak suka oncom, maka aku ganti dengan tempe)
  • Teri asin (ada bermacam-macam jenis teri, pokoknya pilih yang asin, kali ini aku pake teri belah)
  • Daun bawang (optional)
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Cabe rawit setan
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Minyak goreng
  • Air 
Cara masak:

Goreng tempe hingga setengah mateng atau 3/4 mateng, sisihkan.
Goreng teri hingga mateng tapi jangan terlalu mateng. Ngerti nggak sih. Sisihkan.
Panaskan minyak di wajan, masukkan bawang putih, setelah 30 detik masukkan bawang merah dan cabe rawit. Masukkan leunca dan tempe, orak arik sebentar, masukkan teri, cipratin air, tambahin garam dan kaldu bubuk sesuai selera. Taburi irisan daun bawang. Tinggal sikaaaat!!! Pssst tambahin pete juga maknyus tuh.


Itu aja dulu ya gaeeesss,,  Mudah kaaaaan..
Sebenarnya ada banyak sekali, cuman jariku capek nih. Hihihi


Happy cooking

Comments

POPULAR POSTS

SPONTAN

What a day ... Seharian banyak to-do-list yang sebenernya sama dengan hari-hari yang lain. Jadi maksudnya adalah rutinitas. Jenuh sih. Makanya aku butuh penyegaran. Biasanya di sela rutinitas yang menjemukan ini aku isi dengan singing, reading, crafting, atau iseng apa gitu kek, tapi hari ini aku isi dengan... napping . Zzzzzz.  Malam ini blm selesai tuh tugasnya, tapi aku mau cari yang seger-seger dulu deh. Bukan, bukan es teh atau es serut, emmm iya sih tadi sempat nyicip es krim, tadi suami dan anak lagi pada ngelamutin es krim. Tapi ini aku mau nyoba hal baru, yaitu nyempet-nyempetin nulis. Sesuai dengan judulnya, ini tulisan spontan. Lagi nggak mood buat nyeng nyong, nulis aja deh. Sebenernya udah dari kemaren perut ini rasanya seperti ada kumbang yang beterbangan, karena gelisah, pengin ngetik ngetik cantik, tapi entahlah, kayak nggak ada waktu aja. Nah kali ini, bodo amat pokoknya harus sempat. Kali ini kusadari, bahwa nulis itu candu. Semacam pelarian, dan aku menikmatinya. L

Cara Menggunakan dan Reapply Sunscreen

Dalam rangkaian skincare , ada yang namanya tabir surya atau kita sering kali memanggilnya sunscreen . Wes pokoke, fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari. Terus apa bedanya dengan payung? Topi? Nah, bedanya sunscreen ini dibubuhkan langsung nempel ke kulit,untuk menangkal kulit dari UVA (menyebabkan timbulnya tanda penuaan dini seperti keriput dan flek hitam) dan UVB (menyebabkan kulit terbakar yang bikin gosong). Maka dari itu s unscreen  merupakan  salah  satu  skincare  garda terdepanku setelah  hydrating   toner .  Ya karena sepenting itu gaes..  Biar awet muda. Xixixi Sunscreen ada tiga jenis, yaitu: Physical sunscreen yang akrab disebut sunblock. Chemical   suncsreen .  Hybrid sunscreen. Ada beberapa perbedaan antara ketiganya , namun s ingkatnya  physical sunscreen atau  sunblock cara kerjany a    mem- block sinar UV dengan cara memantulkannya. Etapi badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) sudah melarang penggunaan istilah sunblock . Karena kata sun BLOCK

PENTINGNYA MENJAGA MATA

Hay hayyy... Sebelum membaca lebih mendalam tulisanku yang ini,, aku jelasin dulu ya,, bahwa aku kali ini menceritakan tentang pentingnya menjaga kesehatan mata "normal". Artinya, bukan yang tuna netra sejak lahir ya man temaaaan..   Mata anda cacingan  sehat? Alhamdulillah. Bersyukurlah jika dikaruniai mata sehat. Alangkah baiknya digunakan untuk melihat hal-hal yang positif ya Bapak Ibu sekalian. Mata saya juga alhamdulillah sehat. Nggak iritasi atau sakit mata yang lain maksudnya.. Namun minus nih. hihihi. Selain karena keturunan (dari keluarga ibuku minus dan berkaca mata semua, kakakku apalagi tuh, kacamata didobel pake softlens soalnya minusnya dah buanyaak) juga karena kutu buku (buahahaha) karena zaman digital ini yang menuntut untuk selalu menatap layar tancep  gawai. Aku dulu curiga kok pandangan kabur berbayang meski cuman dikit. Setelah periksa mata ternyata minus. Karena minusnya cuman dikit ya kadang males pake kacamata. Lama-lama makin nggak pede menyapa orang