DEBAT KEDUA PILPRES 2024 atau DEBAT PERDANA CAWAPRES 2024

 


Sumber: kbr.id


Debat perdana CAWAPRES 2024 dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2023. Pas Hari Ibu

Pesertanya tentu saja calon wakil presiden RI, yaitu: Bapak Muhaimin Iskandar, Bapak Gibran Rakabuming Raka, dan Bapak Mahfud MD.

Seperti yang pernah aku tulis tentang debat perdana capres 2024 di sini, kali ini aku tidak ngomongin soal politik. Mau ngomentari hal-hal yang ringan aja, seringan sendal hotelπŸ˜‹.

Dari segi fashion dulu deh. 

Sumber: krjogja.com


Paslon no 1 yaitu Pak Anies dan Pak Muhaimin masih konsisten dengan setelan jasnya. Tampil formal, anggun dan terlihat mewah. Ditambah keduanya yang mempunyai gigi yang putih bersih sehingga membuat senyumnya menawan. Pake pasta gigi apa ya? bisa bagus begitu. Serius nanya 😬. Pak Muhaimin juga mengalungkan kain sarung di lehernya, untuk mengusung temanya yaitu SLEPEET. Entah berapa kali beliau mengucap kata "slepet" sepanjang debat malam itu. Hingga berujung dicetuskannya istilah "slepet-nomics" olehnya. 😎

Paslon no urut 2 yaitu Pak Prabowo dan Pak Gibran tampil kasual dengan kemeja lengan panjang warna biru muda. Pak Gibran lebih terlihat atraktif dengan menggulung lengan kemejanya sesiku. Menampilkan gaya anak muda yang modern termasuk dari segi pemikiran dan visi misi ke depan sesuai perkembangan zaman.

Naaah ini niiih yang bikin auto focus, paslon no 3 yaitu Pak Ganjar dan Pak Mahfud yang tampil beda dengan mengenakan busana adat. Pak Mahfud mengenakan baju tradisonal khas Madura, sesuai dengan tempat kelahirannya. Sedangkan Pak Ganjar  mengenakan baju adat Pulau Rote Ndao.

Sumber: CNN Indonesia


Namun di sesi pentutup, Pak Mahfud ganti kostum. Disusul Pak Ganjar juga ganti kostum. Pak Mahfud mengenakan kemeja warna pink keunguan (sesuai Hari Ibu, karena ibu-ibu suka warna pink dan ungu 😍) yang bertuliskan Tas Tes. Sedangkan kemeja Pak Ganjar bertuliskan Sat Set. 

Sumber: detikNews

Dari segi public speaking: mereka tampil keren sekali, sangat percaya diri. Berbeda dengan debat pertama capres 2024 kemarin, debat cawapres ini boleh membawa "contekan" untuk menyampaikan gagasannya atau untuk memberikan pertanyaan pada peserta lain, dan juga disediakan alat tulis untuk mencatat pertanyaan yang ditujukan padanya.

Untuk Pak Muhaimin, beliau mengusung jargon "slepet". Gaya berbicaranya diikuti oleh gerakan tangan. Dan juga senyum segarnya. πŸ˜ƒ

Pak Gibran berbicara diikuti oleh gerakan-gerakan tangannya. Gaya public speaking termasuk gesturnya sangat mirip dengan ayahnya yang sekarang masih menjabat jadi Presiden RI yaitu Bapak Jokowi. Ada moment-moment tertentu saat debat berlangsung, Pak Gibran ini bikin aku syok πŸ˜ƒ. Contohnya saat beliau debat dengan Pak Muhaimin, Pak Gibran ini ceplas ceplos gituu. Saat bahas IKN, Pak Gibran mengatakan kalau Pak Muhaimin ini aneh, bla bla bla.. Dan saat Pak Gibran memberikan pertanyaan kepada Pak Muhaimin soal SGIE. Pak Muhaimin dengan gentleman  mengakui tidak paham apa itu SGIE. Dan Pak Gibran menjelaskan. Tapi sayangnya di akhir penjelasannya, Pak Gibran ini ngasih embel-embel "maaf kalau pertanyaannya sulit". Awwww.. Kok aku baper yah. Emm menurutku itu hal yang seharusnya tidak usah diucapkan. Menurutku itu terkesan arogan. πŸ₯²

Sedangkan Pak Mahfud hampir di setiap akhir bicara selalu diakhiri dengan kata "selesai". Wiiih. Gestur Pak Mahfud ini minim gerakan tangan saat berbicara. 

Debat berlangsung panas ya. Tapi ya namanya debat, memang begitu. Malah bagus, suasana jadi lebih hidup. Di sepanjang acara juga berlangsung dengan lancar dan tertib.

Seperti di debat capres kemarin debat cawapres ini ditutup dengan para peserta bergandengan tangan, dan capres pasangannya diminta untuk mendampingi. Juga ada lagu penutup dari grup band Cokelat yang menyanyikan lagu Bendera. Menambah kemeriahan dan keceriaan. Wuhuuu. πŸ’ƒπŸ’«πŸŽ‰


Comments

Popular Posts