BERANI SPEAK UP (YANG SANTUN)

Hari ini masih diwarnai dengan suasana Ramadhan yang syahdu. Sekarang tanggal merah, tanggal 7 April 2023 jadi santai di rumah nggak kemana-mana kecuali suami yang harus ke mesjid untuk Jumatan. Sekarang ini aku gunakan untuk me time memadu kasih dengan laptop kesayanganku sambil nyeruput kopi susu yang mantap rasanya. Hihihi aku lagi nggak puasa. Tapi ini hari terakhir jadi nanti malem udah ikut taraweh lagi dan esoknya puasa lagi. InsyaAllah.

Pas memasuki PMS hari-hari yang lalu, aku uring-uringan terus. Seolah ujian puasa kali ini begitu berat. Berat menahan rasa amarah. Yes,,, aku sering banget ngomelin anak. Anak tetangga maksudnya. Hahahaha. Hal itu dipicu dengan rumah yang berantakan gara-gara temennya Orel pada maen ke rumah. Yang menyebabkan rumah udah nggak bisa dibedain dengan kandang ayamnya Pak Somat. Malah lebih rapih kandang ayam kali ya. Ya Alloh, pulang kerja capek, liat rumah udah bikin sewot. Ditambah lagi mainan Orel yang (menurutku) mahal dan bagus itu pada rusak. Sepeda Orel dua-duanya rusak. 

Kami selaku orang tua membelikan mainan-mainan dan fasilitas yang terbaik untuk anak. Dan selama ini kami udah mengajarkan pada Orel untuk merawat mainan-mainannya. Eh kok anak orang lain yang ngerusakin. Itu rasanya aaaarrgh. Hiiiiiih!!!

Kalau yang berantakin atau yang ngerusakin anak sendiri itu rasanya lebih ikhlas untuk menerima. Lah ini anak tetangga. Yes,, orel emang badannya paling bongsor daripada temen-temennya. Tapi dia paling muda umurnya. Jadi paling ngalahan gitu. Temen-temennya pada menangan. Minjeeem mulu. Masak mereka pake sepeda Orel dua-duanya dipake semua, Orel-nya malah cuman lari. Heeee... Orang tua mana yang rela anaknya digituin.

Fyuuuuhhh..

Hal itu sudah berjalan beberapa waktu aku masih kalem. Tapi pas puasa-puasa ini, ditambah aku lagi PMS.🤯 Dhuaaaaarrrrr...Akhirnya aku meledak juga. Begitu si bocil-bocil itu dateng, aku langsung pasang badan. 

Kalau abis main dirapihin lagi!
Nggak boleh minjem!
Kalau laper pulang! (Hal ini karena awalnya aku kasih mereka makanan bahkan uang buat jajan, Tapi lama-lama ngelunjak jadi berani minta dan buka-buka kulkas). 
Daaan masih banyak hal-hal yang menyebalkan.

Galak? Ya harus! This is my house. If you come to mu house, you have to follow my rules! Namanya aja TUAN RUMAH. Masak TUAN dijajah?!

www.notonthehighstreet.com


Aku dan suami langsung mem-brainwash Orel. Bahwa Orel harus berani speak up! My toys my rules! Berani bersikap! Berani ngomong nggak boleh, berani ngomong enggak, berani menolak. Tapi daripada Orel nggak punya temen, yaa gimana caranya biar temen-temennya nggak sakit hati juga. Nah ini sebenernya dilema juga. Pengin Orel bersosialisasi namun nggak mau rugi juga.😜

Untungnya Orel pinter, ngomong nggak boleh tapi dengan santun. Kira-kira bunyinya begini: (dengan suaranya yang imut) "temen-temen, sepedanya jangan dulu ya, barusan dibenerin di bengkel. Mainannya kemarin kamu rusakin kan, jangan dulu ya.."😅

Ada nggak bebasnya juga. Orel pengin sepedaan di luar tapi nanti dipinjem, dan orel nggak pernah dapet giliran make. Terus? Alhamdulillahnya rumahnya ini lega jadi sepedaan di dalem rumah. Hahaha. Kalo nggak ya kita pergi bawa sepeda ke taman atau halaman mesjid biar Orel bebas sepedaan namun tatap aman dan kami awasi.😉

Sekarang,, masalah terselesaikan, semua sudah sesuai harapan kami. Bahwa main ya boleh main, tapi taat aturan! Nggak berani lagi berantakin mainan apalagi ngerusakin. Sepeda udah stop, khusus Orel aja. Nggak masuk-masuk kamar apalagi buka-buka kulkas.

Agar tidak dicap sebagai mamak-mamak galak,, aku akan lebih ramah lagi namun tetap tegas akan peraturan. Bihihi. Mungkin aku akan rajin istighfar, meditasi, yoga, senam wajah, senam mata dan senam mulut dan juga selalu tersenyum cantik 💃🧕👸 saat mengawasi anak main dan bergaul. Agar apa?? Agar tidak sakit hati sendiri. Anaknya asyik main, mamaknya manyun.😖 Ngoook.😱

Namaste...🧘

www.fitpage.in


Sudah ah sekarang aku diajak papahnya Orel buat touring nih, mau hunting gorengan buat buka puasa. Sungguh, di kota tempat kami tinggal sekarang, susah banget nemu orang jualan pake gerobag penuh gorengan.

Oke deh. Happy long weekend 🤗 and I will see you guys in the next blogpost. Byeeee... 😀
  

Comments

Popular Posts