Cara Menggunakan dan Reapply Sunscreen


Dalam rangkaian skincare, ada yang namanya tabir surya atau kita sering kali memanggilnya sunscreen. Wes pokoke, fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari. Terus apa bedanya dengan payung? Topi? Nah, bedanya sunscreen ini dibubuhkan langsung nempel ke kulit,untuk menangkal kulit dari UVA (menyebabkan timbulnya tanda penuaan dini seperti keriput dan flek hitam) dan UVB (menyebabkan kulit terbakar yang bikin gosong). Maka dari itu sunscreen merupakan salah satu skincare garda terdepanku setelah hydrating tonerYa karena sepenting itu gaes.. Biar awet muda. Xixixi

Sunscreen ada tiga jenis, yaitu:

  1. Physical sunscreen yang akrab disebut sunblock.
  2. Chemical suncsreen
  3. Hybrid sunscreen.
Ada beberapa perbedaan antara ketiganya, namun singkatnya physical sunscreen atau sunblock cara kerjanya  mem-block sinar UV dengan cara memantulkannya. Etapi badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) sudah melarang penggunaan istilah sunblock. Karena kata sunBLOCK membuat masyarakat merasa terlindungi hanya dengan sekali pakai untuk seharian. Padahal kandungan tabir surya tidak cukup sakti dalam melawan sinar UV seharian penuh, apalagi jika sudah terkena keringat atau air, atau juga air mata buayamu itu. Jadi harus rajin-rajin reapply sesuai kebutuhan. Physical sunscreen atau sering dikenal dengan mineral sunscreen ini teksturnya tebal dan suka meninggalkan whitecast. Sunscreen jenis ini tidak disarankan untuk jenis kulit acne prone karena dapat memicu timbulnya jerawat.
 
Chemical suncsreen cara kerjanya menyerap sinar UV kemudian mengubahnya menjadi energi panas dan dikeluarkan lewat kulit. Ada bermacam bentuknya seperti lotion, stick dan spray. Teksturnya ringan dan tidak meninggalkan whitecast. Sunscreen jenis ini tidak direkomendasikan untuk berenang di laut karena dapat merusak terumbu karang.

Hybrid sunscreen adalah gabungan antara physical sunscreen dan chemical sunscreen. Perlindungannya seperti physical sunscreen dan diformulasikan dengan tekstur ringan seperti chemical sunscreen.

Mantai yuuuk


Bisa dibilang sinar UV adalah tokoh utama kerusakan kulit termasuk menyebabkan penuaan dini. Maka demi menyukseskan rangkaian skincare yang digunakan, kita wajib menggunakan sunscreen dari pagi sampai sore. Kalau malem nggak usah. Karena nggak ada matahari. Adanya Ramayana. Aisssh... Jadi gini penjelasannya: sudah pakai berlayer-layer skincare, akan percuma jika tidak menggunakan sunscreen. Dan udah pakai sunscreen juga percuma kalau pakainya irit. Minimal pakai sunscreen itu dua jari. Daaaan sudah pakai sunscreen minimal 2 jaripun, tetep percuma jika tidak reapply. Ahahhahaha. Ribet? Takut pliket? Oiya, masih adalagi nih. Udah pakai 
sunscreen minimal 2 jari dan rajin reapply, akan percuma juga jika tidak double cleansing di malam harinya. Muehehehe... 


Salam dua jari ✌️😁

Tak perlu risau bakalan ribet dan pliket pemirsa, semua itu akan mudah saja karena terbiasa. Makanya, biasakan yuuuk demi kulit sehat.

Lalu. Sekarang kita bahas bagaimana cara reapply sunscreen. Ada beberapa cara ya gaes. Ada yang ribet sampai yang simpel. Kita mulai dari yang ribet ke yang simpel:
  1. Cuci muka dulu. Misal tadi pagi udah makeup-an, hapus makeup dulu pakai milk cleanser, micelar water, tisu basah, atau apa aja sesuai selera, kemudian cuci muka pakai sabun muka, keringkan dan pakai minimal dua jari sunscreen. Terus makeup-an lagi, atau nggak makeup ya terserah, sesuai kebutuhan. Nggak perlu pakai skincare lagi, soalnya skincare yang dipakai tadi pagi sudah bekerja merasuk ke dalam kulit kok. So, santai aja sis.
  2. Langsung templokin aja. Yang lebih praktis, bisa menggunakan sunscreen yang berbentuk spray. Kalo yang krim, ya langsung aja pakai seperti biasa. Minimal dua jari penuh ya beb. Untuk yang sudah ber-makeup bisa pake spons cushion, ambil dikit-dikit kemudian tap-tap lembut di wajah. Jadi nggak usah takut makeup rusak.
  3. Pakai bedak two way cake yang ber-spf. Kalo ini sih nggak tau efektif apa nggak. Ya daripada nggak reapply sama sekali. Hihihi.


Apapun caranya, yang penting yakin aja. Yakin terlindungi. Dengan keyakinan, insyaAllah, kulit kita benar-benar terlindungi. Dan semua tergantung kenyamanan. Nyamannya gimana, hanya diri sendiri yang tau. Wekekekeke...


Comments

Popular Posts