Skip to main content

WHAT A GREAT DAY

Horaaaaayyy akhirnya aku berhasil menaklukkan hari ini. Yep, aku bikin suatu challenge menyelesaikan semua tugas hari ini tepat waktu. Ya meski tidak tepat tepat amat sih, bisa molor berjam-jam, tapi yang penting semua bisa tercapai. Rasanya puas bangeeettt. Bahagia. Challenge sederhana yang ku buat ini sebenernya sudah dari tahun lalu. Tapi baru niat banget pas tahun ini. Aku bisa girang gini karena aku mengerjakan pekerjaan yang harus lebih capek dari sebelumnya, lebih rempong dari sebelumnya, karena jadi tidak efektif dalam urusan waktu. Jadi ceritanya tuh aku sama Pak Suam sedang dihadapkan oleh situasi yang mengharuskan kami untuk menerapkan frugal living yang agak-agak ekstrim. hihihi. Yes, kami sedang menjalani camping di suatu tempat yang jauh dari peradaban kami sebelumnya. 

Pssstt, aku kasih tau life hacks: Aku kadang nyetock sayuran yang bisa tahan lama di kamar. Jadi sayurannya misal wortel, cabe, gitu aku masukin ke plastik, terus masukkan kamar yang ber-AC. Ditata rapi si atas meja kecil. Jadi deh kulkas raksasa. It works, sodara sodara!  😁

Begini nih Bun ibun bentukannya

Selain simpan di refrigerator raksasa itu, aku juga memanfaatkan sink dapur untuk menanam menyimpan sayuran daun-daunan misal bayam, kangkung, seledri, daun bawang, daun genjer, dsb. Tinggal percik percikin air aja guna menjaga sayuran senantiasa segar mempesona. *kibas kibas sawi*

Seharian tadi aku sok sokan mau menyelesaikan tugas negara cuma 2 jam. Bahahahaha. Realitanya moloooorrr sampe sore baru kelar. Pagi masak sambil mengkomando Sipapap ngerjain tugas nyapu dan beres-beres. Ya ceritanya pembagian tugas gitu. Bihihi. Masak sambil ngurusin cenil yang lagi belajar pake laptop gaya banget. Abis masak lanjut deh ngurusin cenil, dan bapaknya juga sih. Aku jadi dokter pribadi juga nih, ngobatin luka Sipapap sehari 2 kali. Pokoknya harus selesai semuaaa kerjaan rumah. Soalnya kemaren-kemaren aku suka permisif untuk menunda-nunda. 

Setelah selesai semuanya, aku lanjutin misi untuk daftar suatu wadah/ajang untuk upgrade ilmu. Kami harus rela menjebol tabungan untuk acara prosesi pendaftaran itu. Bagi kami, nggak pa pa banget ambil uang tabungan untuk hal-hal semacam itu, karena investasi ilmu itu sangat penting. Untuk proses pendaftaran ini pas sesi pembayaran tadi, sebenernya ada kendala sih. Awalnya aku pake hp, tapi error error mulu. Tanya admin, suruh ganti device. Udah pake laptop, masih aja error. Sempat patah arang, apa nggak usah daftar aja ya. Tapi Allah berkehendak lain. Tanganku digerakkan lagi untuk nge-chat admin untuk tanya-tanya. Suruh fotoin laptopku kayak apa tulisan error-nya. Ternyata karena laptopku belum windows 10. Jabang bayiiii... Alhamdulillah banget laptop sipapap udah windows 10. Yaudah deeeh samber ajaa. Tapi pas dicari cara bayarnya, lah kok nggak ada m-banking BCA, panik lagi. Lagi-lagi tanya admin yang responsif itu. Alhamdulillah bisa pake Shopee Pay. Wuhhh zaman sekarang enak ya. Apa-apa serba cepet. Serba online. Mantap!

Pas makan siang, nasi, sayur dan lauk langsung ludes. Ya gini nih kalau lauknya cocok, langsung laris maniis. Padahal cuman sayur buncis, tempe, sama wortel. Lauknya cumi-cumi krispi. Sama tumis cumi pedas. Emmmm apakah karena aku pake kecap yang terbuat dari kedelai hitam Malika itu ya? bwehehe. 

Setinggi tingginya bangau terbang, akhirnya jadi kecap juga 😌

Cenil maemnya juga minta nambah segala. Yang tadinya jadwal masak udah harus kelar pagi tadi, siang menjelang sore tadi capcus deh ngejogrog di dapur lagi. Bikin nasi lagiii.. Masak lagiiii. Si Princess juga sesiangan tadi nggak bobo siang dooong...  Bwaaah.. Langsung deh aku nenggak kopi seliter. Maiiinnn sampe Maghrib. Abis ngedot, baru deh dia nglempus. Fyuuuuh, finally hidup terasa hening. Langsung minta pijet.

Wew, nggak terasa udah jam setengah sebelas malam. Bukan, bukannya takut kena grebeg ya,, ini kan pacaran suami istri.. Masalahnya, eiyke belum belajar boook. Nyahahaha. Tapi semangat masih berkobar karena ada temen melek, itu paksuam masih lembur kerjaannya. Eh ni malah barusan aku disuruh bantuin. Jadi sekretaris niiih. Nggak puaaapaaaa... Aku seneng kok.

Sungguh tak henti bersyukur pada Allah, aku bisa menjalani hariku penuh nikmat. Tenaga ekstra ini pastilah pemberian dari Allah. Dengan keikhlasan juga jadi tidak terasa capek. Di sela jadwal yang padat, disempatin mengaji tiap habis sholat sekalian baca terjemahannya, membuat hati terasa tenteram. Banyak-banyak istighfar penuh penghayatan, juga sangat mujarab sebagai bahan bakar semangat ini. Suara adzan yang berkumandang adalah motivasiku, bahwa harus meraih kemenangan! Terus ikhtiar menjadi yang terbaik. Namun tetap bertawakal, agar tidak menjadi insan yang takabur. Ya Allah.. Engkau memang Maha Baik. Dan yang bikin tambah greget, aku bisa dengan semangat ngeblog lagi. Alhamdulillah. 

Hatiku tambah berbunga-bunga setelah baca doa Nabi Sulaiman a.s dalam surat An-Naml, 27: 19 

Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

MasyaAllah, bisa pas banget sama kondisiku yang lagi banyak mengucap syukur, pas mengajiku sampai di Surat An-Naml itu. Jadi senyum-senyum sendiri. Aku kadang juga lagi dalam kondisi apa gitu, pas baca Al Qur'an, bisa pas banget sama kondisiku dan seolah diberi petunjuk. Allahuakbar.

Sekian dulu cerita hari ini.. Ngeblog sebagai penutup aktivitas. Semangat terus, buat hari-hari ke depan! Selalu optimis dan BE BRAVE!


Comments

Popular posts from this blog

Cara Edit Kesalahan Input Data di Aplikasi Pengelola Keuangan 1Money

Wuuw judulnya panjang. Kemarin aku sudah mendongeng tentang 1Money si aplikasi pengelola keuangan keluarga, pribadi, kantor, whatever , di sini dan di sono (silakan klik). Sekaraaang aku mau ngobrolin gimana solusinya kalau ada yang salah tulis/ salah input data dan mau merevisinya. Berikut caranya: Sebelumnya siapin secangkir kopi nikmat dulu..  ☕ Contoh kasus: Pada suatu waktu aku inget kemarin tanggal 21 Juli 2022 ada kesalahan saat input nominal uang di salah satu kategori "restaurant" maka aku buka dulu aplikasi  1Money pada tanggal 21 Juli 2022 . Diseruput dulu kopinya gaes. 😋 Perhatikan gambar di atas! Setelah buka aplikasinya, geser ke tanggal yg ada salahnya tadi, lalu klik pada yang aku lingkari itu. Setelah diklik, lalu pilih kategori mana yang salah, di kasusku itu pada kategori "restaurant" dan akan terlihat penampakan seperti di bawah ini: Kalau misalkan salah tanggal yang seharusnya di tanggal 20 Juli, tinggal dihapus aja, klik pada gambar tempat

BULLET JOURNAL

INTRO Aku sangat suka menulis tangan. Menulis manual dengan menggerakkan pulpen ke kertas, menuangkan segala ide dari otak ke tulisan, bagaikan terapi jiwa bagiku. Cailaaa bahasanya.. Tapi emang bener kok. Dari SD sampe SMP aku suka nulis diary tentang keseharianku. Bahkan aku pernah nulis novel untuk mencurahkan khayalanku. Saking asyiknya nulis, sampai tangan ini gerak sendiri, nggak mikir, mengalir begitu saja.  Seiring bertambahnya usia, di mana kegiatan semakin banyak, berbagai macam to-do-list yang mengantri untuk dicoret, semakin semrawut pula pikiran mana dulu yang harus dikerjakan, dan makin random pula isi kepala berseliweran dan ujung-ujungnya jadi stress dan tidur aja deeeh... Maka. Dari nulis diary aku beralih ke suatu metode menulis yang unik, yaitu Bullet Journal . He'em jurnal peluru. Apakah bentuknya seperti peluru? Mari kita bahas. DEFINISI Bullet Journal atau yang biasa disingkat "bujo" pertama kali ditemukan oleh Ryder Carrol.  Ryder Carrol  tin

Cara Tutup Kas Bulanan 1Money

Hai hai hai... Kemarin aku udah bikin tulisan tentang mengatur pengeluaran dengan 1Money . Sekarang aku mau bahas gimana caranya tutup kas bulanan pake  1Money.  Contohnya begini...  Sekarang akhir bulan Juli dan besok pagi sudah tanggal 1 Agustus. Maka besok tanggal 1 Agustus itu kita bikin lembaran baru. Mulai lagi dari awal seperti bulan lalu. Memasukkan berapa budget- nya lagi, dan untuk semua kategori pengeluaran harus dipastikan 0 rupiah ya.  Cara meng-Nol-kan sisa-sisa uang (baik surplus atau defisit) di 1Money : 1. Surplus  Misal uangnya sisa nih, artinya pengeluaran kita tidak melebihi budget yang ditentukan. Cara tutup kasnya (biar 1Money 0) adalah..... Abaikan tanggalnya, pura-puranya tanggal 31 Juli Contohnya di atas itu, misal masih sisa uang 100 ribu. Di situ aku bikin kategori " save " jadi aku klik " save " dan masukkan 100.000. Otomatis jadi 0 rupiah deh sisa uangnya, seperti gambar di bawah ini. 2. Defisit Bagaimana jika pengeluaran lebih besar d