Skip to main content

KEMOLOGEN

Banyak pekerjaan yang belum disentuh, tapi akan terus menumpuk hari demi hari. Pada akhirnya mau tidak mau tetap harus dikerjakan. Dan sekalinya punya hasrat untuk mengerjakan, mampu memang, tapi sedikit kuwalahan karena saking banyaknya. Salah satu contohnya ya ngurus blog yang udah banyak rumah laba-labanya ini. Setiap hari harus menunggu waktu yang tepat untuk nulis. Begitu banyak tema sampai numpuk-numpuk di kepala. Alhamdulillah saat ini ada kesempatan, meski bingung tema mana yang harus dieksekusi. Begitu halnya dengan pekerjaan yang lain, seperti cucian pakaian, setrikaan, nah yang kayak gini nih yang sering dikeluhkan ibu-ibu nih. Kalau sudah numpuk, dikerjakan, wuaduhh capeeek buanyak bangeet. Hahahaha. Nah itulah makna daripada kata KEMOLOGEN.

Kemologen ini adalah Bahasa Jawa. Pelafalan kata "kemologen" itu huruf e dibaca seperti saat mengucap kata "dendam", "budeg" (penurunan fungsi pendengaran), "benar", yaa seperti itu. Sedangkan untuk huruf o dibaca seperti saat mengucap kata "bohong", "sombong", gitulah.

Sebenarnya bisa sih diatur supaya tidak sampai kemologen. Yaitu dengan cara hidup teratur, sudah terjadwal dengan baiknya, semua serba terorganisir dengan rapi. Wuow, keren sekali. Tapi serapi rapinya kebusukan disembunyikan, akan tercium juga manajemen waktu, adaaa aja suatu keadaan diluar kendali, pokoknya di luar rencana, misal anak rewel. Sudah deh, kalau yang satu itu, bubar jalan semua to do list.

Akhir-akhir ini kalau aku kemologen, cuman mengeluarkan jurus pamungkas: istighfar. Iya, istighfar. Liat cucian numpuk, istighfar. Setrikaan menggunung, istighfar. Rumah berantakan, Alhamdulillaaaah,, berarti anakku sehat dan aktif. Tapi beresinnya sambil istighfar.

Ada keajaiban setelah aku melafazkan istighfar. Karena dzikrulloh menjadikanku ikhlas. Karena ikhlas, ada energi dahsyat dimana yang tadinya seolah beban berat, menjadikan pekerjaan itu enteng aja. Karena tidak merasa capek, bahkan malah senang jalainnya,, maka jadilah aku istri dan ibu yang bahagia. Happy wife, happy mom, happy me, happy life, happy family! Aamiin. Alhamdulillah. And finally I can say: I choose to be happy. Maasyaallah.



Comments

Popular posts from this blog

Cara Edit Kesalahan Input Data di Aplikasi Pengelola Keuangan 1Money

Wuuw judulnya panjang. Kemarin aku sudah mendongeng tentang 1Money si aplikasi pengelola keuangan keluarga, pribadi, kantor, whatever , di sini dan di sono (silakan klik). Sekaraaang aku mau ngobrolin gimana solusinya kalau ada yang salah tulis/ salah input data dan mau merevisinya. Berikut caranya: Sebelumnya siapin secangkir kopi nikmat dulu..  ☕ Contoh kasus: Pada suatu waktu aku inget kemarin tanggal 21 Juli 2022 ada kesalahan saat input nominal uang di salah satu kategori "restaurant" maka aku buka dulu aplikasi  1Money pada tanggal 21 Juli 2022 . Diseruput dulu kopinya gaes. 😋 Perhatikan gambar di atas! Setelah buka aplikasinya, geser ke tanggal yg ada salahnya tadi, lalu klik pada yang aku lingkari itu. Setelah diklik, lalu pilih kategori mana yang salah, di kasusku itu pada kategori "restaurant" dan akan terlihat penampakan seperti di bawah ini: Kalau misalkan salah tanggal yang seharusnya di tanggal 20 Juli, tinggal dihapus aja, klik pada gambar tempat

BULLET JOURNAL

INTRO Aku sangat suka menulis tangan. Menulis manual dengan menggerakkan pulpen ke kertas, menuangkan segala ide dari otak ke tulisan, bagaikan terapi jiwa bagiku. Cailaaa bahasanya.. Tapi emang bener kok. Dari SD sampe SMP aku suka nulis diary tentang keseharianku. Bahkan aku pernah nulis novel untuk mencurahkan khayalanku. Saking asyiknya nulis, sampai tangan ini gerak sendiri, nggak mikir, mengalir begitu saja.  Seiring bertambahnya usia, di mana kegiatan semakin banyak, berbagai macam to-do-list yang mengantri untuk dicoret, semakin semrawut pula pikiran mana dulu yang harus dikerjakan, dan makin random pula isi kepala berseliweran dan ujung-ujungnya jadi stress dan tidur aja deeeh... Maka. Dari nulis diary aku beralih ke suatu metode menulis yang unik, yaitu Bullet Journal . He'em jurnal peluru. Apakah bentuknya seperti peluru? Mari kita bahas. DEFINISI Bullet Journal atau yang biasa disingkat "bujo" pertama kali ditemukan oleh Ryder Carrol.  Ryder Carrol  tin

Cara Tutup Kas Bulanan 1Money

Hai hai hai... Kemarin aku udah bikin tulisan tentang mengatur pengeluaran dengan 1Money . Sekarang aku mau bahas gimana caranya tutup kas bulanan pake  1Money.  Contohnya begini...  Sekarang akhir bulan Juli dan besok pagi sudah tanggal 1 Agustus. Maka besok tanggal 1 Agustus itu kita bikin lembaran baru. Mulai lagi dari awal seperti bulan lalu. Memasukkan berapa budget- nya lagi, dan untuk semua kategori pengeluaran harus dipastikan 0 rupiah ya.  Cara meng-Nol-kan sisa-sisa uang (baik surplus atau defisit) di 1Money : 1. Surplus  Misal uangnya sisa nih, artinya pengeluaran kita tidak melebihi budget yang ditentukan. Cara tutup kasnya (biar 1Money 0) adalah..... Abaikan tanggalnya, pura-puranya tanggal 31 Juli Contohnya di atas itu, misal masih sisa uang 100 ribu. Di situ aku bikin kategori " save " jadi aku klik " save " dan masukkan 100.000. Otomatis jadi 0 rupiah deh sisa uangnya, seperti gambar di bawah ini. 2. Defisit Bagaimana jika pengeluaran lebih besar d