Atur Pengeluaran dengan 1Money


Hai guys, kali ini aku akan bahas tentang aplikasi 1Money yang sangat membantuku untuk mengatur keuangan keluarga. Aku pakai 1Money ini karena sangat praktis dan mudah digunakan. Aplikasi keuangan ini untuk melacak pengeluaran. Aku sendiri pakai ini untuk mencatat setiap ada pengeluaran. Karena kalau cuma diingat-ingat bakalan lupa, dan sering kali nggak tau kemana uangnya pergi. Karena HP selalu ada di genggaman, langsung bisa cepat mencatat di 1money.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah install aplikasi 1Money di playstore. 

Langkah berikutnya atur bahasa dan mata uang yang diinginkan. Misal aku pakai Bahasa Inggris dan mata uangnya IDR. Caranya begini:

Ada gambar garis-garis di pojok kiri atas, diklik! nanti ada bagian setting gitu, nanti muncul penampakan seperti ini:

Setting 1money

Untuk ganti bahasa dan mata uang, cari aja di bagian yang aku centang merah.

Kalau mau lebih disiplin lagi dalam mengatur pos pengeluaran, bisa banget aktifin budget di masing-masing pos pengeluaran. Maka dari itu, jangan lupa aktifin fitur budget seperti yang aku lingkari itu.

Lalu. Kembali lagi ke menu utama, disitu bisa kita atur kategori/ nama-nama pos pengeluaran.

Yang kulingkari merah itu untuk mengatur budget

Di setiap kategori bisa kita atur berapa budget-nya. Klik yang aku lingkari pada penampakan 1money di atas. 

Kemudian, di menu utama pada lingkaran paling besar itu yang di tengah itu diklik aja. Nanti akan muncul tempat untuk menuliskan income kita, atau budget untuk seluruh pengeluaran kita. 

Untuk nama-nama kategori pos-pos pengeluaran bisa disesuaikan kebutuhan, misal pengeluaran belanja sayur, pakaian, bensin, dll. Cara makenya gampang aja. Misal nih belanja di warung sayur Teh Ipah abis 42 ribu. Langsung buka 1money keburu menguap di ingatan. Pilih kategori "belanja sayur" setelah diklik, masukkan angka 42.000. Udah deh, otomatis tuh kecatet, dan uangnya tinggal berapa juga udah jelas banget bisa dilihat.

Silakan otak atik sendiri nanti juga paham. 😁Heheheh.

Pokoknya 1money ini sangat membantu untuk rekap rekap akhir bulan, bisa melacak kemana aja uang kita, bisa juga nanti tutup buku akhir bulan, kemudian awal bulan bikin baru lagi, tapi jangan khawatir, yang bulan-bulan kemarin bahkan tahun-tahun kemarin masih terekam dengan rapi. 

Sekian dulu penjelasan singkat 1money. Oya, ada versi premium kalau mau fitur yang lebih lengkap. Kalau aku pribadi, pakai gratisan aja udah cukup. 

Oke deh,, thank you for stopping by. Chauuwww!

Comments

  1. Pengennya aplikasi kayak gini bisa konek ya sama aplikasi market place ato emarketing, jadi tiap kelar bayar di tokped, klik indomaret, lgs otomatis kerekap di aplikasi ini 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaaah???? Kak Lisa???? wuaaaa makasih yaaaa udah mau mampir.. suatu kehormatan dikomenin Kak Lisa.. monangis... terharu akuu...
      Iya kak,, maunya semua mua otomatis, bahkan kalo beli di warung juga otomatis kerekap. hahahaha.

      Delete

Post a Comment

Name:
Email:
Message:

Popular Posts